keselamatan kerja di dalam laboratorium

Pentingnya Keselamatan Kerja di Dalam Laboratorium

Keselamatan kerja di dalam laboratorium sangat penting diterapkan. Karena perlu kita ketahui bahwa laboratorium adalah suatu tempat dimana praktikum melakukan suatu pengamatan. Pengamatan tersebut tidak lepas dari bahan-bahan kimia maupun peralatan yang rawan dari insiden jika tidak dilakukan secara tepat. Misalnya bisa terjadi kecerobohan atau kelalaian kerja.

Dalam keselamatan kerja di laboratorium, kami dari Ditsalab yang merupakan perusahaan jasa pembuatan meja laboratorium dan furniture laboratorium akan membahas 3 hal yang mencakup keselamatan kerja di dalam laboratorium yakni mengenal alat-alat laboratorium, mengenal bahan-bahan laboratorium, dan prosedur kerja dalam di laboratorium.

keselamatan kerja di dalam laboratorium

Mengenal Alat-Alat Laboratorium

Pada laboratorium biasanya kita gunakan untuk melakukan kegiatan praktikum. Dalam pelaksanaan praktikum tersebut tidak hanya kita membutuhkan tempat yang dengan desain khusus juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang dapat mendukung Kegiatan praktikum salah satunya yakni alat laboratorium tersebut.

Adapun alat-alat laboratorium yang biasa kita gunakan di dalam lab diantaranya ada autoklaf, cawan petri, gelas arloji, tabung reaksi, termometer dan ada juga gelas beker.

Mengenal Bahan-Bahan Laboratorium

Bahan juga tidak lepas dari setiap kegiatan praktikum di dalam laboratorium, bahan yang bisa kita gunakan biasanya terdiri dari bahan kimia dan juga bahan biologi. Bahan-bahan kimia tersebut misalnya spirtus yang berfungsi sebagai bahan bakar pembakaran di dalam praktikum, methilen blue fungsinya sebagai pewarna biasanya digunakan sebagai bakterisida dan fungisida.

Asam sulfat yang berperan dalam proses pengasaman, NaCl fungsinya sebagai menetralkan suatu zat, alkohol yang berfungsi untuk membersihkan atau mensterilkan suatu benda, dan ada juga formalin yang berfungsi sebagai bahan pengawet suatu zat atau suatu benda dan masih banyak lagi bahan yang lainnya.

Baca:  Reaksi Kimia Proses Perubahan yang Biasanya Menyertainya

Adapun bahan biologi tersebut yaitu makhluk hidup yang dapat berupa hewan, tumbuhan protista, virus dan bakteri. Ini abasanya kita gunakan dalam pengamatan microbiology di dalam laboratorium.

Laboratorium adalah ruangan yang mempunyai resiko yang cukup besar karena terdapat bahan-bahan kimia yang mudah meledak, terbakar, dan ada juga yang beracun.

Pada gambar ini terdapat simbol bahan kimia, simbol-simbol ini biasanya bisa kita jumpai pada kemasan-kemasan zat-zat kimia. Jika pada saat praktikum Anda menggunakan bahan-bahan kimia terlebih dahulu jangan lupa Anda memperhatikan simbol-simbol yang terdapat didalam kemasan bahan kimia tersebut.

Prosedur Keselamatan Kerja di Dalam Laboratorium

Prosedur keselamatan kerja di dalam laboratorium begitu penting untuk kita perhatikan. Karena keselamatan semua laboran atau pengguna laboratorium adalah tanggung jawab kita bersama.

Adapun prosedur keselamatan kerja di dalam laboratorium diantaranya yakni:

  • Menggunakan alat pelindung diri yang berstandar
  • Dilarang makan dan minum
  • Menggunakan bahan maupun alat yang sesuai
  • Menjaga kebersihan laboratorium
  • Mematikan gas maupun listrik setelah digunakan

Itu semua untuk menjaga agar tidak terjadi insiden pada saat Anda melakukan praktikum.

* Untuk Anda yang sedang membutuhkan furniture laboratorium seperti meja lab, lemari asam, dan yang lain sebagainya. Silahkan hubungi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call Now Button