Centrifuge

Centrifuge: Pengertian, Bagian, dan Cara Penggunaan Centrifuge

Centrifuge merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan sampel zat-zat pada eksperimen Kimia ataupun Biologi, bahkan juga Farmasi. Selain itu, alat ini sering ada di Laboratorium yang bisa digunakan untuk memisahkan serum dan plasma darah.

Pada alat Centrifuge terdapat 4 tabung yang masing-masing bisa digunakan untuk memisahkan sampel pada zat melalui Tabung reaksi. Namun pada proses Centrifuge ini, sampel tidak bisa diletakkan dengan bersebelahan, namun harus berhadapan. Untuk apa? Agar seimbang sampel yang satu dengan yang lainnya.

Centrifuge
Centrifuge

Bagian-Bagian Centrifuge

Adapun bagian-bagian dari Centrifuge adalah sebagai berikut:

Panel Control

Pada bagian ini terdiri dari berbagai macam tombol diantaranya tombol power, tombol lid, tombol set, tombol pulse, kemudian tombol start dan stop.

Tombol power yang biasa ada di bagian belakang alat Centrifuge yang berfungsi untuk On dan Off. Sehingga, alat ini bisa digunakan. Kemudian, tombol Lid pada Centrifuge berfungsi untuk membuka tutup. Pada saat alat terbuka, biasanya ada indikator dari monitor kecil di bagian depan Centrifuge.

Setelah itu, ada tombol set untuk mengatur kecepatan dan juga untuk mengatur timer. Sehingga, kita bisa mengatur berapa lama alat Centrifuge akan digunakan untuk memisahkan suatu sampel.

Selanjutnya, ada tombol pulse ini bisa digunakan ketika alat Centrifuge sedang berjalan untuk memisahkan sampel kemudian kita ingin menambah kecepatan, maka bisa menekan tombol ini.

Terakhir, tombol Start dan Stop yang berfungsi untuk memulai dan stop untuk berhenti. Namun, tombol stop ini tidak boleh ditekan ketika alat sedang berjalan karena akan membuat mesin error. Sehingga, harus menunggu sampai alat benar-benar berhenti sendiri.

Baca:  Pentingnya Penggunaan Fume Hood

Tabung Centrifuge

Pada bagian Centrifuge biasanya terdapat beberapa tempat untuk meletakkan sampel. Paling sedikit ada empat bagian yang bisa digunakan untuk menaruh Tabung reaksi yang berisi sampel. Jangan lupa, saat digunakan Tabung reaksi yang berisi sampel harus sejajar atau berlawanan dengan isi yang seimbang.

Penutup Centrifuge

Penutup tabung Centrifuge merupakan bagian yang paling krusial, biasanya penutup ini berbahan kaca sehingga memudahkan para Laboran untuk melihat sejauh mana sampel yang sedang pisahkan zat-zatnya.

Cara Penggunaan Centrifuge

Penggunaan awal Centrifuge ini harus disambungkan terlebih dahulu dengan aliran listrik. Kita harus memasang kabel dayanya terlebih dahulu, biasanya kabel adaptor atau colokannya berada di bagian belakang dan disambungkan dengan arus minimal 220 Volt.

Berikutnya, kita bisa memasukkan sampel yang akan kita uji. Namun, kita terlebih dahulu harus membuka bagian penutup dengan menarik tuas yang ada di bagian Centrifuge. Bisanya tuas ini untuk membuka penutup secara manual, jika secara otomatis nanti ketika alat menyala kita bisa menekan tombol agar Centrifuge bisa digunakan.

Kemudian, kita bisa memasukkan sampel yang akan kita uji ke dalam alat Centrifuge. Sampelnya dimasukkan ke dalam tabung-tabung reaksi, lalu bisa ditutup, dan nyalakan alatnya. Biasanya tombol untuk menyalakan ada di bagian samping ataupun di bagian depan dari Centrifuge.

Jika tombol untuk menyalakan ada di bagian samping, biasanya dilengkapi dengan sebuah tuas untuk menggeser ke posisi On. Pada saat On, maka tuas di bagian belakang akan langsung menyala.

Pada posisi On, maka proses pendinginan atau penyesuaian suhu akan langsung dimulai. Namun begitu, kita harus menyetel suhu yang kita inginkan pada saat akan dilakukan uji eksperimen. Kemudian, kita bisa menekan tombol set untuk memilih suhu berapa yang kita inginkan untuk melakukan pendinginan.

Baca:  Tips Membersihkan Fume Hood Dengan Baik dan Benar

Biasanya tombol set ini dilengkapi monitor untuk menunjukkan posisi derajat Celcius yang kita inginkan, satuan derajat ini pun kita bisa atur dengan menggunakan tombol panah atas maupun bawah dan bisa disesuaikan dengan suhu yang ingin kita capai.

Setelah selesai melakukan setting suhu, kita bisa mengatur waktu putaran untuk melakukan memisahkan zat yang kita inginkan mulai dari menit dan juga detik. Pada alat Centrifuge juga dilengkapi dengan akselerasi percepatan yang bisa kita atur.

Pada alat Centrifuge biasanya ada monitor kecepatan RPM. Kita bisa mengatur kecepatan hingga 16.000 RPM dan bisa disesuaikan dengan kecepatan yang kita inginkan. Pada tombol yang sama biasanya juga digunakan untuk RCF atau gaya sentrifugal, rotasi gaya sentrifugal.

Tombol ini bisa mengganti satuannya, terlihat satuannya berganti untuk RCF. Lalu, untuk mengganti ke RPM bisa ditekan sekali lagi.

Centrifugal juga dilengkapi dengan tombol otomatis, namun pastikan ketika membuka harus pada posisi stop. Jika pada pada posisi start, kita tidak boleh membuka penutupnya. Pada posisi ini bisa mengisi, mengambil, atau mengisi sampel namun harus pada posisi stop. Biasanya ada indikator pada monitor ketika tutup Centrifuge dibuka atau ditutup.

Demikianlah penjelasan mengenai Centrifuge baik pengertian, bagian, dan cara penggunaan Centrifuge, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.