Pentingnya Penggunaan Fume Hood

Lemari asam atau dalam bahasa inggris juga disebut (Fume Hood) merupakan sebuah tempat yang merupakan salah satu alat keselamatan dalam bekerja disebuah laboratorium kimia.

Fungsi dari lemari asam itu sendiri yaitu ketika gas-gas atau cairan kimia yang tergolong berbahaya bagi orang yang sedang bekerja di dalam sebuah laboratorium dapat terjaga keselamatannya.

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan oleh bahan kimia yang bersifat basa atau asam yaitu gangguan pernafasan yang disebabkan dari gas beracun bahkan bisa terbakarnya kulit tubuh kita jika terkena kimia yang asam atau basa tersebut.

Bahan-bahan kimia seperti Asam Nitrate (HNO3), Asam Sulfat (H2SO4), Asam Chlorida (HCI) dan yang sejenisnya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Bukan hanya kerusakan pada kulit, bahan-bahan kimia itu juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan juga bisa menyebabkan keracunan bahkan yang lebih berbahaya yaitu dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu pentingnya lemari asam dalam sebuah laboratorium agar dampak-dampak yang tidak diinginkan tersebut dapat dicegah dan diamankan.

Baca:  Tips Membersihkan Fume Hood Dengan Baik dan Benar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *