Mikrometer sekrup

Mikrometer Sekrup: Pengertian, Fungsi, Jenis, Bagian, Cara Penggunaan, dan Cara kalibrasi Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup (micrometer screw gauge) merupakan alat pengukuran besaran panjang ditemukan oleh Willaim Gascoigne pada abad ke-17 yang terdiri dari poros tetap sebagai skala utama dan poros putar sebagai skala noniusnya.

Pengukuran Mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian mencapi 0,01 mm atau lebih tinggi 10x lipat dari Jangka sorong dan mampu mengukur benda dengan ketebalan atau diameter benda yang sangat kecil.

Mikrometer sekrup

Fungsi Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki fungsi diantaranya:

  • Alat ukur Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter atau ketebalan suatu benda yang sangat tipis seperti lempeng baja, aluminium,atau kertas.
  • Sebagai alat yang digunakan untuk mengukur diameter luar suatu benda yang sangat kecil, seperti diameter bantalan, peluru, kabel, dan kawat.
  • Untuk mengukur garis tengah lubang suatu benda yang cukup kecil serta untuk mengukur kedalaman suatu lubang yang cukup kecil, seperti lubang pada pipa.

Jenis-Jenis Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu:

Mikrometer Sekrup Manual

Jenis Mikrometer sekrup manual memiliki skala yang terdiri atas skala utama dan skala nonius. Pembacaan hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer manual melalui serangkaian perhitungan dari hasil penjumlahan skala utama dan nonius (skala putar).

Mikrometer Sekrup Digital

Jenis Mikrometer sekrup manual memiliki skala yang terdiri atas skala utama dan skala nonius. Pembacaan hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer manual melalui serangkaian perhitungan dari hasil penjumlahan skala utama dan nonius (skala putar).

Baca:  Difusi: Pengertian, Fungsi, Faktor-Faktor, dan Contoh Difusi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berdasarkan fungsinya, mikrometer sekrup dibedakan menjadi:

Mikrometer Sekrup Luar

Mikrometer sekrup luar adalah jenis mikrometer yang digunakan untuk mengukur diameter luar suatu benda.

Mikrometer Sekrup Dalam

Mikrometer sekrup dalam adalah jenis mikrometer yang digunakan untuk mengukur diameter suatu lubang.

Mikrometer Sekrup Kedalaman

Mikrometer sekrup kedalaman adalah salah satu jenis Mikrometer sekrup yang memiliki fungsi utama untuk mengukur kedalaman suatu lubang.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

Adapun bagian-bagian dari Mikrometer sekrup antara lain:

Bingkai (Frame)

Frame ini menyerupai bentuk huruf U, terbuat dari bahan logam tahan panas dengan desain yang cukup tebal dan kuat bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pemuaian panjang yang dapat mengganggu proses pengukuran.

Frame ini juga dilapisi dengan lapisan plastik guna menghindari terjadinya transfer panas dari tangan pengukur terhadap logam saat pengukuran.

Poros Tetap (Anvil)

Poros tetap berfungsi sebagai penahan saat sebuah benda akan diukur.

Poros Geser (Spindle)

Poros geser merupakan sebuah silinder logam yang dapat digerakkan maju atau mundur, menjauh atau mendekati poros tetap.

Pengunci (Lock Nut)

Pengunci berfungsi untuk menahan poros gerak agar tidak bergerak pada saat proses pengukuran suatu benda.

Pemutar (Thimble)

Merupakan batang logam yang dapat diputar.

Sleeve

Bagian statis berbentuk lingkaran yang merupakan tempat ditulisnya skala pengukuran. Terdapat dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius.

Ratchet

Ratchet berfungsi untuk mengencangkan poros gerak apabila sudah menyentuh benda dengan cara diputar searah jarum jam sampai terdengar suatu bunyi ketukan logam (tik).

Untuk memastikan ujung poros gerak sudah menempel sempurna dengan benda, maka ratchet dapat diputar sebanyak dua sampai tiga putaran.

Cara Penggunaan Mikrometer Sekrup

  1. Cara menggunakan dan membaca Mikrometer sekrup yakni objek yang ingin diukur diletakkan menempel dengan bagian poros tetap. Setelah itu, bagian thimble diputar hingga objek terjepit oleh poros tetap dan poros geser.
  2. Bagian ratchet dapat diputar untuk menghasilkan perhitungan yang lebih presisi dengan menggerakkan poros geser secara perlahan.
  3. Setelah yakin bahwa objek benar-benar terjepit diantara kedua poros, maka membaca hasil pengukuran dapat dibaca di skala utama dan skala nonius.
Baca:  Manajemen Laboratorium

Cara Kalibrasi Mikrometer Sekrup

Sebelum menggunakan Mikrometer sekrup kita harus kalibrasi terlebih dahulu atau kita 0 (nol) kan untuk skalanya agar hasil yang didapatkan pada saat pengukuran tepat dan benar. Adapun tahapan mengkalibrasi Mikrometer sekrup sebagai berikut:

Sebelum melakukan kalibrasi kita perlu melakukan beberapa persiapan alat dan kebutuhan kalibrasi. Berikut persiapan sebelum kalibrasi Mikrometer sekrup:

  1. Periksa seluruh dan kondisi Mikrometer sekrup baik dari karat, macet, longgar, oblak atau terdapat komponen yang rusak. Sebaiknya gunakan Micrometer stand atau dudukan Mikrometer untuk melakukan kalibrasi Mikrometer agar kalibrasi bisa dilakukan secara akurat.
  2. Alat-alat yang diperlukan untuk melakukan kalibrasi yaitu:
    Kain bersih: untuk membersihkan kontak antara poros tetap dan poros geser.
    Kunci mikrometer: untuk memutar skala utama dan pemutar saat melakukan kalibrasi.
    Stick rod: sebuah batang ukur yang memiliki ukuran tetap sesuai dengan nilai yang tertera pada batang tersebut. Ukuran dari batang tersebut memiliki macam-macam mulai dari 25 mm, 50 mm, 70 mm, dan 75 mm yang umumnya disediakan sesuai dengan ukuran mikrometer yang ada.

Langkah-Langkah Kalibrasi Mikrometer Sekrup

  1. Posisikan Mikrometer sekrup pada posisi nol.
  2. Geser pengunci ke posisi mengunci.
  3. Ambil kunci Mikrometer sekrup dan pilih kunci yang paling besar.
  4. Pasang kunci Mikrometer sekrup pada bagian skala utama yaitu masukkan pada kunci lobang yang ada di badan skala utama.
  5. Geser keatas atau kebawah kunci Mikrometer sekrup untuk mengatur garis nol pada skala utama agar bisa bertemu dan segaris dengan garis nol pada skala nonius.
  6. Posisikan kedua garis pada nonius dan skala utama agar bertemu dalam satu garis lurus.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Mikrometer sekrup adalah alat pengukuran yang sangat akurat untuk mengukur besaran panjang. Dengan menggunakan prinsip sekrup, alat ini mampu mengukur ketebalan benda tipis dan diameter benda kecil dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Mikrometer sekrup lebih unggul dibandingkan dengan jangka sorong dalam hal ketelitian pengukuran.

Baca:  Bunsen: Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan Bunsen

Penggunaan Mikrometer sekrup memerlukan beberapa langkah yang perlu diikuti dengan hati-hati. Persiapan alat yang baik dan pemahaman terhadap skala utama dan nonius sangat penting agar pengukuran dapat dilakukan dengan akurat. Perawatan dan penanganan yang baik juga diperlukan untuk menjaga kinerja dan keawetan Mikrometer sekrup.

Itulah tadi penjelasan terkait Mikrometer sekrup baik dari pengertian, fungsi, jenis, bagian, cara penggunaan, dan cara kalibrasi Mikrometer sekrup, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

sumber:

youtube.com/watch?v=__SSBIUlCww
youtube.com/watch?v=gqNDi6gj6qE

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.