Desikator

Desikator: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Penggunaan Desikator

Apakah Anda pernah mendengar tentang Desikator? Bagi beberapa orang, kata ini mungkin terdengar asing, tapi bagi mereka yang bekerja di laboratorium atau bidang ilmiah, Desikator adalah salah satu peralatan yang penting untuk mengawetkan bahan kimia atau bahan organik.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Desikator mulai dari pengertian, fungsi, jenis serta cara penggunaannya.

Pengertian Desikator?

Desikator
Desikator

Desikator adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk menjaga bahan kimia atau bahan organik agar tetap kering dan terlindungi dari udara atau kelembaban yang dapat merusak atau mengubah sifat bahan tersebut.

Desikator berbentuk seperti panci atau wadah yang terbuat dari kaca dan memiliki bobot yang berat, ini difungsikan untuk mencegah masuknya uap air kedalam ruang Desikator.

Alat ini mengandung zat pengering yang berfungsi mengeringkan zat-zat lainnya. Zat pengering yang terdapat pada Desikator ialah asam sulfat pekat dan kalsium klorida atau gel silika yang dapat juga menyimpan zat dalam keadaan kering.

Fungsi Desikator

Fungsi Desikator adalah untuk mengawetkan bahan kimia atau organik dengan cara menjaga kelembaban dan udara yang dapat merusak atau mengubah sifat bahan tersebut.

Mengapa bahan yang sudah dikeringkan harus disimpan di Desikator? hal ini difungsikan untuk mempertahankan kelembaban bahan yang pekat terhadap udara lembab.

Jika bahan yang dikeringkan terkena lembab maka otomatis kadar air bahan akan meningkat sehingga direkomendasikan untuk dikeringkan kembali pada Desikator.

Jenis-Jenis Desikator

Ada beberapa jenis Desikator yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis Desikator yang umum digunakan di laboratorium:

Baca:  Buret: Pengertian, Fungsi, Bagian, Cara Penggunaan, dan Cara Perawatan Buret

Desikator Kimia

Desikator kimia terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tahan terhadap suhu tinggi dan tahan terhadap bahan kimia. Desikator kimia umumnya digunakan untuk mengawetkan bahan kimia yang dapat teroksidasi atau terdekomposisi karena kelembaban atau udara.

Desikator Vacum

Desikator vacum memiliki fungsi yang sama dengan Desikator kimia, namun Desikator ini dilengkapi dengan pompa vakum yang berfungsi untuk menghilangkan udara dari dalam Desikator dan menciptakan kondisi hampa udara di dalam Desikator.

Desikator vacum umumnya digunakan untuk mengawetkan bahan organik atau biologi yang sensitif terhadap udara atau kelembaban.

Desikator Portable

Desikator portable merupakan jenis Desikator yang dapat digunakan di luar laboratorium karena ukurannya yang kecil dan ringan. Desikator portable ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau akrilik yang ringan dan mudah dibawa.

Desikator ini dapat digunakan untuk mengawetkan bahan organik atau biologi dalam perjalanan atau ketika bekerja di luar laboratorium.

Cara Penggunaan Desikator

Untuk menghindari kesalahan saat menggunakan Desikator, sebaiknya ikuti prosedur berikut ini:

  1. Buka tutup Desikator dengan cara menggeser tutupnya ke samping.
  2. Letakkan silica gel (gel silika) di bagian bawah Desikator.
  3. Letakkan saringan yang terbuat dari porselin ke dalam Desikator.
  4. Letakkan media diatas saringan.
  5. Oleskan vaselin di bibir tutup Desikator.
  6. Tutup Desikator dengan cara menggesernya ke samping seperti pada saat membukanya.
  7. Desikator siap digunakan.

Itulah tadi penjelasan terkait Desikator baik dari pengertian, fungsi, jenis, dan cara penggunaan Desikator. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.