contoh perubahan kimia

10 Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelum kami memberikan contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu mari kita bahas definisi apa yang dimaksud dengan perubahan kimia?

Perubahan kimia adalah perubahan yang disertai terbentuknya zat baru. Contoh perubahan kimia yaitu Api unggun dan Besi berkarat. Pada Api unggun terbentunya zat baru yakni terbentuk Gas ada dan terbentuk Arang.

contoh perubahan kimia
contoh perubahan kimia pada besi berkarat

Sedangkan pada peristiwa Besi berkarat pada mulanya tidak terdapat karat hanya ada Besi, kemudian bereaksi dengan oksigen. Reaksinya dinamakan proses Oksidasi, zat baru yang muncul berupa yakni karat besi.

Terdapat beberapa gejala yang merupakan ciri terjadinya perubahan kimia atau reaksi kimia, jadi biasanya perubahan kimia ini atau reaksi kimia ini disertai dengan 4 gejala ini.

Tetapi dari 4 gejala yang ada tidak selalu keempatnya itu berhasil kita amati terkadang hanya salah satu saja yang teramati itu sudah cukup sebagai ciri sebagai tanda terjadi perubahan kimia.

Gejala-gejala yang muncul biasanya yang menyertai perubahan kimia yakni:

  • Timbul endapan.
  • Perubahan suhu (bisa menjadi lebih panas maupun dingin).
  • Perubahan warna(tetapi bukan hasil ewarnaan atau hasil pencampuran warna).
  • Terbentuknya gas.

Beberapa Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari Yang Mudah Kita Temui

Mari kita pelajari contoh-contoh perubahan kimia, berikut ini kami sajikan beberapa contoh perubahan kimia yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Agar kalian bisa lebih mudah membayangkan kemudian bisa memahami, diantaranya:

Baca:  Labu Erlenmeyer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Penggunaan, dan Cara Pemeliharaan Labu Erlenmeyer

Batu Karbit Ketika Disiram Air

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian pernah mengamati batu karbit harus disiram air. Lalu apa yang terjadi? biasanya akan timbul gas dan juga akan terjadi perubahan suhu dimana suhunya akan menjadi panas padahal tidak dilakukan pemanasan.

Jadi pada peristiwa Batu karbit disiram air itu akan teramati ciri perubahan kimia terbentuk gas dan terjadi perubahan suhu.

Selain itu Batu karbit disiram air juga biasanya warnanya akan berubah menjadi putih yang asalnya hitam menjadi putih. Berarti di situ juga teramati gejala perubahan kimia berupa perubahan warna.

Proses Pematangan Buah

Contoh perubahan kimia misalnya buah Pisang yang belum matang itu berwarna hijau tetapi ketika diperam kemudian menjadi matang warnanya akan berubah menjadi kuning, maka disitu terjadi perubahan warna.

Kemudian bisa teramati juga biasanya suhunya akan menjadi lebih panas, maka disitujuga terjadi perubahan warna dan terjadi perubahan suhu. Maka peristiwa pematangan buah merupakan perubahan kimia.

Pembuatan Tape

Contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya yaitu peristiwa pembuatan Tape. Pada peristiwa pembuatan Tape baik itu Tape ketan ataupun Tape singkong biasanya setelah 3 hari diperam itu akan terbentuk cairan. Cairan yang terbentuk itu adalah cairan Asam laktat.

Cairan Asam laktat ini merupakan zat baru yang timbul karena sebelumnya tidak ada. kemudian disitu suhunya juga akan menjadi panas.

Jadi ciri yang teramati disitu terbentuknya cairan dan terjadi perubahan suhu. Artinya peristiwa pembuatan Tape merupakan contoh dari perubahan kimia.

Berkarat

Pernah melihat lapisan tipis kecoklatan diatas permukaan logam? Lapisan coklat pada besi ini terbentuk karena oksidasi lapisan paling atas. Atom-atom yang ada dalam logam mengalami reaksi, reduksi, dan menyebabkan karat. Ketika oksigen bergabung dengan logam, ia membentuk senyawa yang dikenal sebagai karat.

Baca:  Senyawa Organik: Sejarah, Pengertian, dan Jenis Senyawa Organik

Fotosintesis

Tumbuhan menghasilkan makanan sendiri, tumbuhan mengubah karbon dioksida dan air menjadi Glokosa dan Oksigen melalui proses Fotosintesis.

Energi cahaya ditangkap dan digunakan untuk mengubah mineral menjadi senyawa organik yang kaya energi.

Memotong Bawang

Pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa keluar air mata Ketika Anda memotong bawang? Bawang mengandung asam sulfonate yang terbentuk dari asam amino sulfoksida, Asam ini bertanggung jawab untuk gas volatil yang menghasilkan air mata.

Tabir Surya

Cara kerja tabir surya juga terkait dengan kimia, karena tabir surya mengandung senyawa organic dan anorganik yang bertindak sebagai filter untuk sinar ultraviolet.

Kimia anorganik seperti seng oksida atau titanium oksida, bertindak sebagai tabir surya. Senyawa kimia ini menyebabkan sinar UV menjauh dari kulit dan melindungi dari sinar Matahari.

Memasak

Pernahkan Anda berpikir mengapa roti yang baru dipanggang berbau sangat enak? Reaksi kimia yang memberi aroma dan warna pada makanan seperti kentang, daging, cokelat, dan produk lainnya.

Warna coklat dihasilkan karena reaksi gula dan protein susu, dan panas menyebabkan molekul terurai dan berubah menjadi uap. Produksi molekul memberikan rasa pedas dan menghasilkan rasa panggang.

Emosi

Apakah Anda tahu Ketika Anda Bahagia, sedih, atau bersemangat beberapa reaksi kimia terjadi ditubuh Anda? Reaksi-reaksi ini terjadi di dalam tubuh karena sinyal kimiawi yang dilepaskan di otak.

Metatesis

Anda mencampur cuka dan soda kue, terjadi reaksi perpindahan ganda atau reaksi Metatesis.

Kesimpulan

Sampai disini sudah mulai bisa dipahami penjelasan tentang contoh perubahan kimia. Kesimpulan bahwa perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru.

Adapun gejala-gejala yang biasanya menyertai reaksi kimia adalah terbentuknya endapan, terjadi perubahan warna, terbentuk gas, dan terjadi perubahan suhu.

Baca:  37 Alat-Alat Medis dan Fungsinya Lengkap!

Itulah beberapa contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari yang mudah kita temui, semoga informasi ini bermanfaat.

sumber: beberapa sumber

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.